Saturday, August 27, 2011

WASIAT UNTUK ANAK-ANAK DAN ISTERIKU.


Jam 20.00 ketika kami sedang melakukan shalat tarawih, isteri saya mendapat kabar duka dari seorang sahabatnya yang mengabarkan bahwa suaminya baru saja meninggal dunia.

Tentu saja berita ini sangat mengejutkan, mengingat secara syariat, sang suami usianya relatif jauh lebih muda dibanding dengan usia saya.

Tetapi momen keterkejutan ini justru ingin saya manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengingatkan keluarga saya bahwa, " Semua mahluk hidup akan mengalami mati ". Kita tidak pernah tahu kapan kita akan mati, oleh sebab itu, seorang yang beriman seharusnya kapan saja "siap" untuk mati, karena peristiwa itu adalah hak prerogative Sang Khalik yang tidak bisa diganggu gugat.

Sekalipun dalam setiap kesempatan berdo'a, saya selalu memohon kepadaNya untuk diberi kesempatan untuk meng-imami mereka, sampai mereka dapat imam yang lebih baik dari pada saya, yaitu suami yang akan membimbingnya menuju syurga yang Allah janjikan.

Pada kesempatan ini, saya kutipkan cerita Lukman Al-Hakim yang berwasiat kepada puteranya, " Hai puteraku, ketahuilah bahwa aku telah berkhidmat kepada 400 nabi dan aku  telah mendapatkan 4.000 kata hikmah dari mereka, dan dari 4.000 kata hikmah tersebut aku pilih 400, dan dari 400 itu aku pilih 40 kata, dan dari 40 kata aku ambil 8 kata hikmah, dan 8 kata hikmah tersebut ialah :

" LUPAKAN DUA HAL, jangan lupakan dua hal lainnya, dan jaga 4 hal. Adapun dua hal yang harus engkau lupakan adalah hendaknya kau lupakan PERBUATAN BAIKMU kepada seseorang dan yang kedua, hendaknya kau lupakan PERBUATAN BURUK ORANG LAIN terhadapmu ".

" Adapun dua hal yang TIDAK BOLEH kau LUPAkan, pertama adalah ALLAH. Janganlah sekali-kali engkau melupakan-Nya (sebab semua maksiat timbul dari lalai dan lupa kepada Allah) dan yang kedua adalah KEMATIAN, sebab pada saat manusia yakin bahwa dirinya akan mati, ia pasti akan mempersiapkan bekal bagi perjalanan akhirnya itu ".

Adapun empat hal yang harus selalu engkau jaga:

# Pertama JAGALAH MATAMU, ketika sedang bertandang ke rumah orang.
# Kedua JAGALAH LIDAHMU, ketika kamu berada di tengah-tengah masyarakat.
# Ketiga, JAGALAH MULUTMU, dari makanan yang haram.
# Keempat, ketika Shalat JAGALAH HATIMU, hanya untuk Allah, janganlah engkau palingkan kepada selain-Nya ".

(Dikutip dari Buku Dr. Haidar Bagir: Buat Apa Shalat?)



No comments:

Post a Comment