Thursday, June 2, 2011

Oleh-oleh dari Seminar DGtraffic, 31 Mei 2011.

Karena Isteri.

Saya berterima kasih pada isteri yang telah mendaftarkan saya pada seminar yang diselenggarakan DGtraffic pada tanggal 31 Mei 2011.

Sebagai seorang mechanical engineer, terus terang pada awalnya forum ini terasa asing bagi saya; apalagi yang hadir sebagian besar adalah anak-anak muda yang sedang dalam gelegak semangat  terbaiknya.

Berbeda dengan seminar-seminar sebelumnya yang pernah saya ikuti ketika masih aktif di industri, jaman itu peserta umumnya formil, berdasi, kemeja lengan panjang dan sepatu mengkilat; tetapi dalam seminar ini mereka memakai pakaian casual, bahkan anak muda di sebelah kiri saya hanya menggunakan sandal, dan di sebelah kanan saya pakai T shirt dengan sisiran rambut dikumpul ke tengah, seperti photo saya waktu kecil tahun 50an.

Karena dikalahkan oleh rasa ingin-tahu yang besar, perasaan “terasing” tadi hilang setelah acara seminar dimulai.

Dunia memang sudah berubah.

Setelah sekapur sirih disampaikan perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UKM/UKK yang sekaligus membuka seminar ini. Mengingat Seminar ini didedikasikan bagi mereka pengelola unit-unit usaha kecil dan menengah, beliau berpesan kepada DGtraffic yang dalam hal ini bertindak sebagai penyelengara seminar sekaligus sebagai Certified Partner yang pertama dari Google Advertising di Indonesia, agar jangan melakukan pendekatan melalui teknologi informasi tetapi lakukan pendekatan melalui pendekatan business.

Ketika saya kuliah dulu, pada tahun 80an; saya ingat persis, pelajaran computer masih “numpang’ di Laboratorium Komputer Lemigas di Cipulir, Kebayoran Lama; unit komputernya sebesar kamar dan outputnya hanya berupa kertas berlubang seperti dimakan ngengat.

Begitu cepat lompatan yang terjadi, tidak heran masih banyak pelaku usaha yang masih gagap dengan teknologi ini (termasuk saya), jadi benar bila Google melakukan pendekatan melalui pendekatan teknologi informasi, bisa menimbulkan kegagapan di sana-sini.

Perubahan Fantastis.

Dua-puluh tahun lalu orang mendatangi perpustakaan atau membaca Koran pagi untuk mencari informasi, demikian Novita Jong, Key Accounts Manager, Google South East Asia, mengawali paparannya.

Sekarang 4 milyar orang dalam sehari merambah dunia maya untuk memperoleh informasi dari internet .

Ada 210 milyar surat dan IMS yang terkirim setiap hari dan ada 900 ribu posting baru dari para blogger di seluruh dunia, hal ini setara dengan informasi yang diperoleh oleh New York Times selama 19 tahun.

Saat ini ada 860 juta pengguna internet di jejaring sosial dan ada 5 ribu kicauan/tweets setiap detik pada waktu puncak.

Di Indonesia sendiri tercatat 30 juta pengguna internet dan 6,6 juta pengguna internet melalui HP.

Melihat Peluang.

Seminar ini membuka wawasan saya yang masih sempit dalam memanfaatkan teknologi informasi yang tersedia saat ini.

Selama ini saya membuat beberapa blog tak berbayar baru sekedar memenuhi hasrat kesenangan semata-mata sebagai penyaluran hobby kreatif. Sebenarnya hobby ini bisa dikembangkan untuk membuat dan atau mengelola toko virtual, seperti telah dilakukan banyak orang yang hadir pada seminar ini.

Masukan dari Henky Prihatna, Indonesia Country Representative, Google South Asia, anak muda dengan sederetan jabatan hebat yang pernah disandangnya di perusahaan besar. Konon dia juga peraih MTV Indonesia Young Entrepreneur Award membekali saya dengan informasi yang berharga dalam membangun web yang menarik dan memenuhi kaidah-kaidah yang dianjurkan.

Mudah-mudahan saya bisa memanfaatkan jaringan pertemanan yang saya peroleh dari seminar ini menjadi suatu jaringan usaha yang bermanfaat bagi keluarga dan juga bagi banyak orang lainnya.

Terima kasih DGtraffic, khususnya buat bung Andi Silalahi/Managing Partner dan Desario Mosqurino/Market Research yang telah mempertemukan saya dengan teman-teman muda yang dahsyat yang telah “membakar” semangat saya untuk keluar dari kegagapan selama ini.

No comments:

Post a Comment