Saturday, July 9, 2011

CAMPING: Perlengkapan pribadi(4)

4. Perlengkapan Makan.
Meskipun alam sudah menyediakan berbagai tanaman berdaun lebar yang bisa digunakan untuk alas makan, tetapi untuk kenyamanan dan juga agar bisa mengkonsumsi masakan berkuah, saya menganjurkan menyiapkan peralatan makan yang ringkas dari bahan yang tidak mudah pecah, semisal virgin-plastic atau bahan alumunium yang dirancang khusus untuk kegiatan di luar ruang (Mess-Kit).

5. Perlengkapan Mandi.

Menjaga kesehatan tetap menjadi prioritas selama berkegiatan di luar ruang. Sebaiknya sediakan Mini Toiletries Kit untuk kegiatan ini, yang terdiri sabun mandi, shampoo, pasta-gigi, sikat-gigi, sabun-colek (untuk mencuci pakaian dalam atau kaus-kaki) dan Handuk Kecil. Perlengkapan ini demikian pribadinya, sehingga tidak disarankan untuk saling dipinjamkan.

6. Perlengkapan Darurat.

Sesuai namanya, digunakan bila menghadapi keadaan darurat, termasuk di dalamnya adalah obat-obatan pribadi, Lilin, Korek-Api, Flashlight, Peluit.

7. Ransel.

Semua perlengkapan pribadi dan bekal makanan harus muat di kemas dalam sebuah Ransel yang kokoh, kuat tetapi nyaman untuk dibawa.

Sebaiknya jangan gunakan Tas Jinjing, karena tidak praktis untuk di bawa dalam jarak jauh, kecuali Camping_Site berada di dekat Anda memarkirkan kendaraan.

Saat ini sudah banyak dan mudah diperoleh Ransel berbagai model dan ukuran yang dirancang secara ergonomis, sehingga tidak terlalu membebani kegiatan luar ruang Anda.


8. Pelengkap.

Agar kegiatan Anda nyaman dan tetap fun, Anda juga perlu menyediakan Topi Lapangan, Radio-saku agar suasana tetap ceria, Kamera-saku diperlukan untuk merekam momen-momen yang sayang untuk dibiarkan berlalu begitu saja.



Mudah-mudahan pada musim liburan mendatang, bila Anda merencanakan lagi kegiatan di luar ruang, Anda akan lebih siap, sehingga liburan Anda menjadi lebih sempurna.

No comments:

Post a Comment