Wednesday, July 6, 2011

USABILITY, PRACTICABILITY, apakah itu ?


Usability diterjemahkan bebas sebagai kemampuan penggunaan, misalnya tenda model Dome seperti di atas, nampak OK untuk digunakan sebagai piranti bertualang di alam bebas.

Tetapi dalam pertimbangan Usability, tenda ini hanya cocok untuk berkemah di belakang-rumah, kaki atau hanya lereng gunung yang terlindung saja, karena tenda jenis ini tidak cocok untuk daerah berangin.

Menurut Mas Eko Wahyu, tenda untuk pendakian gunung cenderung konstruksinya lebih rendah dari pada tenda untuk camping, karena tenda yang rendah lebih tahan terhadap tiupan angin yang lebih kencang yang biasa terjadi didaerah ketinggian, ketimbang lokasi camping yang berada lebih rendah di kaki gunung. Oleh sebab itu pilihlah tenda yang lebih rendah konstruksinya.

Tinggi tenda untuk daerah berangin maksimal 1 meter atau 40 inci. Ini berdasar pengamatan tenda-tenda di luar negeri rata-rata tingginya 1m atau kurang dari itu. Seperti biasa, makin tinggi tenda makin besar daya tangkap anginnya.

Tenda jenis Dome tidak disarankan untuk berkemah di tempat terbuka yang banyak anginnya karena tenda jenis ini mempunya bagian terbuka / menganga, terutama di bagian atas, karena akan jadi “santapan” angin, karena angin dan badai adalah kendala utama yang dihadapi jika berada di tempat ketinggian.

Practicability adalah pertimbangan dari sisi kepraktisannya, dalam hal ini menyangkut dimensi, bobot dan cara pemasangan. Sebagus apapun bila ukurannya kelewat besar, berat atau ribet pemasangannya sebaiknya dihindarkan. 

Nantikan posting berikutnya yang berkenaan dengan petualangan di alam bebas.

No comments:

Post a Comment