Wednesday, July 6, 2011

CAMPING ITU ASYIK ...


Adalah kegiatan oudoor yang mengasyikan, demikian kesan yang diperoleh dari mereka yang sudah terbiasa bahkan ketagihan untuk mengulang kegiatan ini.(Baca juga tulisan Luqyana Nesia, 11 tahun "Berkemah di Situ Gunung" ).

Bagi mereka yang belum pernah sama sekali, saya sarankan untuk mencobanya, karena kegiatan ini membuat orang lebih mengenal dirinya sendiri, mendekatkan diri pada alam, bahkan lebih merasakan betapa besar kasih-sayang Allah kepada ummatnya.

Sebuah kegiatan Camping yang baik, dilakukan oleh penyelenggara (Camping-Master) yang sudah menjalani berbagai pengalaman yang panjang karena setiap kegiatan perkemahan memiliki tantangan dan kesulitan yang berbeda-beda.

Kabar baiknya, sekarang sudah banyak camping ground yang dikelola dengan baik, sehingga hal-hal yang semula dirasakan sebagai kesulitan bagi pencinta kegiatan ini, hambatan-hambatan ini sebagian sudah teratasi.

Dahulu ketika saya kecil, kalau berkemah selalu mencari lokasi dekat sungai agar mudah mandi dan atau buang hajat, tentu dengan resiko sungainya bisa saja meluap sewaktu kita terlelap, belum lagi gangguan hewan buas dan atau hewan melata yang berbisa.

Sekarang sudah banyak camping-site yang sudah menyediakan fasilitas kamar mandi dan peturasan, bahkan listrik untuk penerangan dan hiburan.

Bagi mereka yang tidak membawa perlengkapan berkemah, disediakan perlengkapan kemah lengkap dengan system sewa tentunya.

Bahkan di camping-site berbintang, Anda cukup bawa badan (yang masih bernyawa) di sana sudah tersedia semua sarana seperti hotel layaknya, lengkap dengan break-fast, lunch, suffer dan dinner.

No comments:

Post a Comment